3 bagian kostum tari saman

Tari Saman menggunakan dua elemen gerak yang menjadi elemen dasar dalam saman tari: tepuk tangan dan Pat dada. Diduga, ketika penyebaran Islam, Sheikh saman belajar tari Melayu kuno, kemudian membawa kembali melalui gerak disertai dengan kemudahan propagasi dakwahnya Islam puisi-nyanyian.

Dalam konteks ini, tarian ritual keagamaan masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan propaganda melalui pertunjukan. Saman menari satu tarian yang cukup unik, karena hanya menampilkan gerak tubuh Ovation dan gerakan lainnya, seperti gerak, kirep, Lingang, surang-filter (semua gerak ini Gayo). Selain itu, ada 2 baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua Dance penari menari harus harmonis dengan Saman. Dalam kebanyakan kasus, Tari Saman tempo lebih lama akan lebih cepat sehingga Dance menarik Saman.


Secara umum, tari Saman dimainkan oleh remaja atau puluhan laki-laki. tetapi jumlahnya harus ganjil. Namun, dalam perkembangan lebih lanjut, tarian ini juga dilakukan oleh perempuan. Akun lainnya mengatakan tarian ini dilakukan kurang dari 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai aba aba-pemberi sambil bernyanyi.

Namun, perkembangan di era modern menghendaki bahwa salah satu tarian itu akan menjadi meriah ketika dilakukan oleh penari dengan lebih. Di sinilah peran Sheikh, ia harus mengatur gerakan dan menyanyikan lirik puisi-tari Saman.

Tari Saman Kostum

Kostum atau saman pakaian khusus dibagi tiga bagian, yaitu :
  • Kepala: teleng bulung atau tengkuluk kain kotak hitam dasar. Dua aspek disulam dengan benang seperti baju, mengedit kepies.
  • Pada gaun pokok / kemeja: kerawang (black dress dasar, benang bordir putih, hijau dan merah, dengan pinggang bordir bagian kedawek dan kekait're gaun pendek) celana dan sarung tangan kain.
  • Di tangan: topeng gelang, saputangan. Begitu juga halnya dalam penggunaan warna, secara tradisional mengandung nilai-nilai tertentu, karena melalui warna menunjukkan identitas pemakainya. Warna-warna mencerminkan kekompakan, kebijaksanaan, kekuatan, keberanian dan harmoni.


Tari saman dapat ditampilkan pada setiap kesempatan yang bersifat keramaian dan kegembiraan, seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, atau perayaan-perayaan lainnya. Untuk tempatnya, tari Saman biasa dilakukan di rumah, lapangan, dan ada juga yang menggunakan panggung.

Tari Saman biasanya ditampilkan dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syekh. Penari Saman dan Syekh harus bisa bekerja sama dengan baik agar tercipta gerakan yang kompak dan harmonis.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :