tari saman warisan budaya dunia

tari saman warisan budaya dunia. Tari Saman, menambah koleksi warisan budaya dunia tak benda bangsa Indonesia. Sejauh ini selain tarian yang awalnya hanya bisa dilakukan oleh laki-laki adalah beberapa warisan budaya tidak benda dari bangsa Indonesia juga telah dicatat oleh UNESCO antara lain, wayang, keris, batik, noken, angklung, Bali subak, dll . 

Pengakuan warisan budaya oleh lembaga PBB yang berbasis di Amerika Serikat ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita. Pengakuan tersebut menunjukkan bahwa bangsa ini memiliki akar budaya yang sangat kuat yang terwariskan dari generasi masa lalu dan masih tetap dipertahankan sampai hari ini. Budaya itu ke dalam catatan sejarah dan memori kolektif masyarakat terkait dengan nilai-nilai yang tersirat di dalamnya.



Mudah-mudahan dengan penggunaan warisan budaya kita oleh UNESCO untuk dorong ke dalam masyarakat dan Pemerintah memiliki lebih perhatian dalam menjaga dan melestarikannya. Bahkan tidak puas dan lokasi pantai melamun budaya ini.

Pada awal penciptaan koreografer, tari Saman ingin menjadi salah satu peristiwa media yang dapat menyampaikan pesan pendidikan, agama, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan melalui tarian.

Seperti yang terlihat pada setiap pesta dansa sebelum dimulai, bahwa Saman, mukaddimah atau pembukaan akan menampilkan pemimpin adat tua yang pintar atau cerdas yang mewakili masyarakat setempat untuk memberikan berbagai saran yang berguna untuk pemain dan penonton.

Di masa lalu, tarian ini dilakukan pada banyak kesempatan kebiasaan Aceh, termasuk upacara peringatan sebagai kelahiran Nabi Muhammad. Tari Saman dan kali ini juga sering dilakukan pada pembukaan resmi, festival atau acara lainnya peristiwa.

Dari kuno sampai sekarang, penampilan tari Saman tidak menggunakan iring-iringan alat musik. Tapi banyak yang menggunakan kombinasi suara dan sinkronisasi penari seperti nyanyian, tepuk tangan, memukul dada dan paha serta tubuh hancur di arah yang berbeda secara bersamaan.

Keseragaman formasi dan ketepatan waktu menjadi sangat penting dalam menunjukkan tarian ini. Setiap penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan rutin serta serius dalam rangka untuk menampilkan pertunjukan yang sempurna.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :