pengertian seni tari

Hal yang paling utama dalam gerakan tari adalah gerakan tubuh orang yang bebas dan lepas dari unsur ruang, waktu dan tenaga. Seni tari ditilik dari keindahan ekspresi jiwa orang si penari yang terungkap dalam gerak tubuh yang diperhalus dengan seni dan estetika. Seni  tari adalah gerakan badan yang secara berirama dilakukan pada tempat serta waktu khusus untuk keperluan bersosialisasi mengungkapkan isi hati, maksud dan pikiran. Bunyi-bunyian musik sebagain pengiring tari membantu mengatur gerakan para penari serta memperkuat tujuan dan maksud yang ingin disampaikan oleh penari. Gerakan tari yang berbeda dari gerakan kita sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Gerak yang ada di dalam tari bukanlah suatu gerak yang realistis, tetapi gerakan yang telah bercampur ekspresif dan estetika.

Jenis tari Berdasarkan Koreografinya.
  1. Tarian tunggal yaitu tari yang dilakukan oleh penari baik penari laki-laki ataupun penari perempuan.
  2. Tarian yang berpasangan adalah tarian yang dilakukan oleh dua orang secara berpasangan baik laik-laki dan perempuan atau laki-laki dengan laki-laki, atau perempuan dengan perempuan.
  3. Tarian secara kelompok yaitu tari yang dilekaukan oleh lebih dari dua orang baik laki-laki saja, perempuan saja atau laki-laki dan perempuan.
  4. Tarian kolosal yaitu tarian yang dilakukan secara beramai-ramai oleh beberapa kelompok secara bersamaan dan biasanya tarian ini dilakukan oleh setiap suku bangsa yang ada dis eluruh daerah Nusantara.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :