Tari Tradisional

Indonesia di kagumi oleh negara lain karena memiliki banyak tradisi dan budaya. Perbedaan kebudayaan itu menciptakan bermacam kebudayaan termasuk seni tari tradisional yang beragam. Kesenian tari tradisional menggambarkan kehidupan di tempat tersebut. hingga seni tari tradisional bisa di katakan sebagai simbol dari peradaban dari tiap-tiap tempat. Seni tari amat dibutuhkan di beragam segi dan kelompok umur layaknya pada waktu penyambutan calon-calon pemimpin di berbagai tempat. Tari tradisional juga di lakukan pada waktu pesta rakyat.

Gerak tari adalah gerak yang diperhalus serta diberi unsur estetis. gerak didalam tari berperan sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud-maksud spesifik dari koreografer. keindahan tari terletak pada wujud kepuasan, kebahagiaan, baik dari koreografer, peraga serta penikmat atau pemirsa. Kompetensi basic saat mempelajari seni tari termasuk praktik basic serta mahir didalam penguasaan gerak tari meliputi tari tradisional ataupun tari garapan, kemampuan untuk mengerti arah serta tujuan koreografer didalam konsep masing-masing tari. Koreografi dan pemahaman dalam menghasilkam karya tari yaitu keterampilan spesial yang berhubungan dengan kepekaan koreografi, di segi lain juga dibutuhkan kepekaan untuk mengerti aspek-aspek tari serta aspek keindahan secara tehnis. Perwujudan ekspresi budaya melewati gerak yang dijiwai dan diikat nilai-nilai budaya jadi patokan dasar atau standar ukur tari untuk dikaji mejadi wujud aneka tari tradisional di indonesia. Di antara unsur terutama kesenian di indonesia sebagai performa gerak, tentu diperlukan ada keseimbangan sosial serta spiritual dari dan terhadap penduduk pendukungnya. Peran serta manfaat tari yang demikian adalah mutlak sampai saat ini sehingga pada pementasan kesenian menjadi lambang budaya pada tempat terkait sehingga suatu tarian diunggulkan oleh tempat. dimana tarian tersebut berasal.

Tari Indonesia mencerminkan kekayaan serta keanekaragaman suku bangsa serta budaya Indonesia. ada sekitar 700 lebih suku bangsa di indonesia dengan 300 jenis tarian asli Indonesia dimana tiap-tiap suku bangsa di Indonesia mempunyai beragam tarian khasnya sendiri. Berdasarkan histori maka seni tari indonesia bisa dibagi ke dalam tiga jaman yaitu jaman prasejarah, jaman hindu-buddha, serta jaman Islam. berdasarkan pendukungnya, maka tari bisa terbagi didalam dua kategori yaitu tari keraton (tari istana) yang dimainkan di kalangan kaum bangsawan, serta tari rakyat yang tumbuh dari rakyat umum. Menurut tradisinya, tarian Indonesia dibagi dua yaitu tari tradisional serta tari kontemporer.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :