pendet tarian selamat datang

Tari selalu menjadi bagian dari banyak upacara sakral dan ritual tradisional di pulau. Beberapa tarian dianggap sakral karena mereka menawarkan untuk para Dewa atau dewa, sementara yang lain hanya dilakukan untuk penonton. 
Tari Pendet adalah tarian menyambut sederhana koreografer untuk menyambut penonton. Tarian ini merupakan salah satu dari banyak tarian yang sering dilakukan tidak hanya dalam upacara sakral di pura, tetapi juga pada tahap komersial untuk menghibur penonton.
Pendet, koreografer oleh I Wayan Rindi, menyajikan cara anggun menyambut orang-orang. Tarian ini dimulai dengan sekelompok penari, penari wanita, perlahan-lahan memasuki tahap, masing-masing dari mereka memegang semangkuk bunga, seperti gaya Bali Hindu dari korban. Mereka kemudian membuat pose- vajrasana duduk di tumit mereka dengan betis mereka di bawah paha mereka, tangan mereka bergerak seolah-olah mereka berdoa. 
Pose ini terkait dengan kepercayaan Hindu, yang selalu memulai aktivitas apapun dengan doa. Beberapa tarian Bali telah dimodifikasi, dengan rutinitas dasar yang dilakukan dalam cara yang dinamis. Gamelan, orkestra tradisional Bali, memimpin penari dengan aransemen musik hidup mereka.
Warna-warna cerah dan kostum yang rumit membantu menghibur mata selama acara tari pendet berlangsung. Untaian rambut terbuat dari bunga emas menghiasi rambut para penari tertata rapi.Kadang-kadang bunga segar juga ditambahkan untuk meningkatkan ansambel. Eyeshadows berwarna cerah dan lipstik merah membuat wajah mereka menakjubkan di bawah lampu. 
Beberapa warna kain cetak emas otentik kain Prada Bali, dibungkus erat dari dada ke pinggul meliputi bagian atas tubuh langsing mereka menciptakan lapisan cantik warna. Dari pinggul sampai mata kaki, lapisan lain kain flowy terpasang.
Senyum tidak pernah hilang dari wajah para penari selama pertunjukan. Tubuh mereka bergerak dalam keanggunan dari satu rutin yang lain. Mata mereka juga memainkan peran penting dalam tarian ini seperti tarian lainnya dari Bali. 
Gerakan mata yang tajam dan menunjukkan emosi yang kuat. Sungguh menakjubkan untuk melihat bagaimana bola mata mereka dengan cepat bergeser dari sudut kiri atas ke pojok kanan bawah dan sebaliknya. Suatu periode panjang berlatih pasti telah menyempurnakan kinerja mereka.
Menjelang akhir Tari Pendet, salah satu rutinitas yang signifikan dilakukan. Ini adalah ketika para penari memilih beberapa kelopak dari mangkuk dan melemparkannya di udara seakan menghujani penonton dengan kelopak. 
Menonton pertunjukan ini selama Anda tinggal di Bali akan memberikan rasa dari sisi artistik dari Bali dan membiarkan Anda menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional yang telah diawetkan selama beberapa generasi. 
Satu mungkin melihat bahwa generasi muda di Bali kini disibukkan dengan teknologi modern dan media sosial, tetapi mereka masih tertarik untuk belajar bagaimana melakukan tarian tradisional dari tanah air mereka dan bahkan untuk membuat beberapa koreografi baru.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :