Tari Tor Tor


Alat musik gondang 9 (sembilan gendang) dan Tari Tor Tor sudah ada sejak 500 tahun yang lalu dan dikenal luas pada suku batak dan Mandailing. Dahulu tari Tor Tor dimainkan sebegai bagian seremoni jika ada keluarga atau anggota keluarga yang meninggal dunia. Tari Tor Tor erat kaitannya dengan kepercayaan masyarakat setempat. Karena itu tari Tor Tor digunakan dalam acara ritual berhubungan dengan roh-roh. Roh tersebut 'dipanggil' dan 'masuk' ke dalam patung-patung batu yang merupakan simbol leluhur. Patung tersebut kemudian bergerak seperti menari tetapi hanya dengan gerakan kaki berjinjit dan gerakan kecil pada tangan. Gerakan inilah yang kemudian menjadi dasar gerakan tariTor Tor.  

Tari Tor Tor adalah tarian tradisional suku batak. tari ini diiringi alat-alat musik tradisional seperti suling, terompet dan gondang. Pada suku Mandailing gondang 9 dan tari tor tor digelar untuk perayaan, hajatan dan penyambutan tamu yang dihormati. Pada masa penjajahan Belanda, ada bunyi tertentu yang ditabuh pada gondang yang menandakan kedatangan serdadu Belanda yang fungsinya sebagai isyarat agar masyarakat mengungsi. Bunyi lainnya adalah isyarat meminta masyarakat untuk kembali ke desa karena belanda sudah pergi.

Ada beberapa jenis tari tor tor yaitu :
  • Tari Tor Tor Pangurason yaitu tari pembersihan dan digelar saat pesta besar. Sebelum pesta dimulai maka lokasi pesta dibersihkan dulu dengan menggunakan jeruk purut agar jauh dari marabahaya.
  • Tari Tor Tor Sipitu Cawan atau tari tujuh wawan yang digelar pada saat pengukuhan seorang raja.Tari ini juga berasal dari7 putri kahyangan yang mandi di sebuah telaga di puncak gunung pusuk buhit bersamaan denganya piso sipitu sasarung atau pisau tujuh sarung.
  • Tari Tor Tor Tunggal Panaluan yang merupakan upacara ritual yang digelar apabila suatu desa dilanda musibah. Penari Tor Tor Tunggal Panaluan adalah para dukun untuk dengan tujuan untuk mendapat petunjuk solusi untuk mengatasi masalah. Tongkat Panaluan  adalah perpaduan kesaktian Debata Natolu yaitu Benua Atas, Benua Tengah dan Benua Bawah.

Mau tau info lainnya? like di bawah ini :

baca juga yang ini :